Fungsi Google Analystics Pada Blog dan Manfaatnya

blogger templates


Fungsi Google Analystics Pada Blog dan Manfaatnya

Fungsi Google Analystics dan Manfaatnya - Google analystics adalah salah satu layanan google yang bisa di gunakan untuk mengetahui keyword dan arah datangnya pengunjung blog. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, kita akan lebih mudah melakukan optimasi SEO serta melakukannya dengan tepat. Kata "TEPAT" dalam hal ini adalah melakukan optimasi mulai dari arah kunjungan yang paling rendah sehingga kita tidak selalu mengoptimasi sumber trafik yang sudah berjalan mandiri dan mendatangkan cukup banyak visitor.

google analytics id tumblr  google analytics login  tumblr  disqus  disqus shortname  google analytics script  google analytics subdomain  google analytics data
Gambar 1 : Fungsi Google Analystics dan Manfaatnya


Selain kedua hal yang saya sebutkan di atas, Google Analytics juga akan memberikan laporan lengkap tentang banyak hal seputar visitor seperti berikut ini :
  • Menampilkan jumlah pengunjung berdasarkan rentang waktu tertentu, perhari, perminggu, perbulan atau jumlah total.
  • Menampilkan Halaman atau artikel yang paling sering dikunjungi serta jumlah total kunjungan pada masing-masing halaman.
  • Menampilkan berapa lama rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung di blog
  • Menampilkan sumber kedatangan pengunjung. Pilihannya adalah Mesin pencari (search engine), Pengunjung langsung (direct traffic), dari website lain (referring website) dan lainnya (other)
  • Menampilkan asal negara pengunjung

Selain itu, Google Analytics juga memberikan laporan yang lebih detail tentang pengunjung seperti :
  • Total Kunjungan pengunjung
  • Total kunjungan baru (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog )
  • Lamanya waktu yang digunakan pengunjung membaca artikel di blog
  • Jenis browser dan sistem operasi yang digunakan pengunjung bahkan resolusi monitor komputer pengunjung
  • Jenis gadget yang digunakan pengunjung (Komputer, Handphone) dan sistem operasi handphone, kecepatan koneksi serta ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut.
google analytics id tumblr  google analytics login  tumblr  disqus  disqus shortname  google analytics script  google analytics subdomain  google analytics data
Gambar 2 : Fungsi Google Analystics dan Manfaatnya

Masih banyak lagi laporkan yang akan di berikan oleh Google analystics. Dengan adanya laporan yang sangat detail tersebut,  kita akan lebih mudah melakukan optimasi untuk menambah visitor blog dengan memfokuskan sumber trafik yang paling rendah lalu mengoptimasi SEOnya.

Untuk menggunakan salah satu layanan terbaik dari google ini, silahkan kunjungi :

https://www.google.com/analytics

Anda hanya perlu mendaftar dengan menggunakan account google lalu anda akan mendapatkan layanan powerfull yang Gratis. Anda juga harus memasang Tracking ID dan kode Google Analystics pada template blog.

0 Response to "Fungsi Google Analystics Pada Blog dan Manfaatnya "

Post a Comment

About Me