Membuat Live USB Linux menggunakan Unetbootin

blogger templates

Membuat Live USB Linux menggunakan Unetbootin


Untuk membuat live USB itu tidak sulit, cukup sediakan flash disk yang berkapasitas minimal 1 GB dan file .iso dari distro linux versi live seperti BlankOn live, ubuntu, Moolux atau juga distro linux live lainnya.
Langkah pertama, masukan repostory di bawah ini ke /etc/apt/sources.list
deb http://ppa.launchpad.net/gezakovacs/ubuntu jaunty main
deb-src http://ppa.launchpad.net/gezakovacs/ubuntu jaunty main
simpan dan update.
setelah itu terserah mau menginstall lewat synaptic atau melalui terminal.Kalau menggunakan synaptic, buka dari menu System==>Administration==>Synaptic Package Manager. Setelah itu pilih/search unetbootin, kalau sudah, centang kotak kecil, kemudian klik apply. Atau kalau menggunakan terminal ketik sudo apt-get install unetbootin.
Jika sudah terinstall buka unetbootin dari menu Applications==>System tools===>Unetbootin

Kalau sudah terbuka, klik DiskImage, pada ISO di browse di mana tempat kita menyimpan file .iso dengan klik tombol di sebelah kanan yang ada tanda titik tiga buah.
Jangan lupa di lihat pada Type (yang terletak di pojok kanan bawah, kita pilih USB dan pada drive dimana USB kita terdeteksi (untuk komputer saya pada /dev/sdb1)

File .iso yang saya simpan tersimpan di /home/pinguin/ISO/blankon-5.0cdlive-i386.iso, kemudian klik ok untuk mulai proses pembuatan live USB.

Proses berlangsung seperti tangkapan layar di bawah ini dan biasanya proses akan terdiam beberapa saat.

Setelah proses berlangsung yang terdiri dari Downloading file, extracting and copying, Installing Bootloader, dan yang terakhir Installation Complete, Reboot.

Pastikan notebook atau komputer anda sudah di set agat bootingan pertama melalui USB yang sudah terinstall live usb BlankOn. Tara…ra…ra…ra…(joged pisang) sekarang notebook saya sudah tersaji dengan live usb BlankOn Nanggar.
Saya mengakhiri dan mengedit postingan dengan membuka blog menggunakan live usb. Selamat mencoba

0 Response to "Membuat Live USB Linux menggunakan Unetbootin"

Post a Comment

About Me