Cara Mengatasi Sinyal SOS Pada BlackBerry

blogger templates

Khusus pada BlackBerry ada beberapa indikator di layar yang menunjukkan keadaan sinyal yang diterima diantaranya H+, 3G, EDGE, GSM dan SOS. Indikator-indikator tersebut memiliki arti tersendiri yaitu :


  • H+ atau disebut juga High Speed Packed Access (HSPA) merupakan koneksi protokol telepon genggam yang menggunakan kecepatan 3,5G. Jaringan HSPA sebagian besar bekerja pada frekuensi 1900 MHz dan 2100 MHz namun sebagian masih ada juga yang menggunakan frekuensi 850 MHz. Kecepatan download pada jaringan HSPA/HSDPA ini adalah yang terbaik yaitu 14.4Mbit/s.
  • 3G adalah teknologi generasi ketiga yang juga dikenal dengan nama WCDMA (Wideband Coded Division Multiple Access). Kelebihan 3G jika dibandingkan dengan pendahulunya generasi 2G yaitu terletak pada kecepatan transfer data.  Yang sangat terkenal pada generasi 3G ini adalah Universal Mobile Telecommunication System (UMTS), sedangkan kecepatan pada jaringan 3G atau UMTS/WCDMA adalah 384 kbps.
  • EDGE atau Enhanced Data Rates for GSM Evolution adalah jaringan yang menggunakan teknologi generasi 2.5G. Jika pada genarasi pendahulunya yaitu GPRS masih menawarkan kecepatan data 115 kbps, maka pada EDGE kecepatan datanya meningkat menjadi 384 kbps atau tiga kali lebih besar dari GPRS.
  • GSM atau Global System for Mobile Communication adalah jaringan yang beroperasi pada frekuensi 900, 1800 dan 1900 MHz. Jaringan GSM juga mendukung komunikasi data dengan kecepatan 14,4 kbps. Jaringan GSM bila dibanding dengan pendahulunya 1G memiliki kelebihan pada layanan Short Message Service atau SMS yang sudah kita kenal bersama  yaitu layanan dua arah untuk mengirim pesan pendek dengan sekali kirim sebanyak 160 karakter.
  • SOS khusus pada perangkat BlackBerry menandakan bahwa BlackBerry yang digunakan tidak mendapat signal/hilang signal, tulisan SOS akan terlihat pada lambang signal di sudut kanan atas layar BlackBerry yang biasanya berwana merah. Hal itu menandakan bahwa BlackBerry Anda tidak dapat duganakan untuk telepon, sms, browsing, chatting maupun menggunakan paket data lainnya.
Solusi untuk mengatasi sinyal SOS pada BlackBerry adalah :
  • Bila Anda berada dalam ruangan tertutup yang minim signal maka carilah tempat terbuka dan cukup baik menerima signal sehingga lambang SOS warna merah akan berubah menjadi GSM/EDGE/3G/H+ dan Anda bisa kembali menggunakan berbagai fasilitas pada BlackBerry Anda.
  • Atau dapat juga dicoba dengan mendisable jaringan (mode di pesawat terbang) diamkan beberapa saat kemudian enable kembali jaringannya.
  • Bila ternyata penerimaan signal ditempat tersebut biasanya cukup baik namun BlackBerry Anda tetap SOS maka coba lakukan soft reset pada BlackBerry Anda dengan menekan Alt + Shift(aA) + del secara bersamaan. Atau bisa juga dengan mencabut baterai dan diamkan kira-kira 1 menit lalu pasang lagi.
  • Bila jaringan dapat dirubah secara manual yaitu adanya pilihan Auto/3G dan 2G maka cobalah merubah jaringan ke 2G.
  • Apabila semua upaya diatas telah dilakukan namun BlackBerry tetap SOS cobalah dengan mengganti kartu sim Anda, mungkin sedang ada mantenance atau perawatan pada jaringan operator Anda.
  • Namun apabila kartu sim sudah diganti dan BleckBerry tetap tidak dapat signal atau SOS maka kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem antena, bawalah ke service center resmi atau ke tempat yang Anda percaya untuk diperbaiki.

0 Response to "Cara Mengatasi Sinyal SOS Pada BlackBerry"

Post a Comment

About Me