Cara Root dan melink-kan aplikasi ke micro sd di Android Cross A10

blogger templates

Berikut ini sy sampaikan tips untuk meroot dan melink-kan aplikasi ke micro sd di android cross a10.Sebelumnya siapkan dulu bahan-bahannya:

1. CWM_Cross_A10.zip bisa di
download disini
2. Root_Cross_A10.zip bisa di download disini
3. Link2SD.apk bisa di download disini
4. RootExplorer` bisa di download disini
5. MiniTool Partition Wizard bisa di search di google
6. Card Reader

Persiapan Root:

1. Lakukan backup dahulu data berupa phonebook atau aplikasi.

2. Pastikan usb debugging handphone  tercentang, dengan cara masuk ke system setting-Applications-Development-USB Debugging.
3. Copy File CWM_Cross_A10.zip dan Root_Cross_A10.zip ke micro sd, tanpa folder.
4. Matikan Handpnone.
5. Masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol volume down dan power bersamaan, tahan sampai muncul tanda peringatan recovery berbentuk segitiga. Setelah Muncul tanda segitiga recovery, lepas kedua tombol td. Tekan tombol power untuk masuk ke recovery. Pilih apply update from sdcard, pilih file CWM_Cross_A10.zip yang tadi di copy ke sdcard, untuk memilih tekan volume up/down dan power untuk enter. biarkan proses berjalan sampai masuk ke recoverynya cwm.
6. Lakukan wipe data/factory reset, wipe cache partition, advance-wife dalvik cache.
7. Kembali ke menu awal cwm recovery dengan memilih ++++go back++++
8. Pilih Instal Zip from sdcard, pilih file Root_Cross_A10.zip
9. Reboot system..
10. Setelah masuk ke home screen... lihat apakan ada aplikasi supersu di aplikasi android anda. Apabila ada, selamat handphone anda telah ter root.

Setting Superuser:

Buka Aplikasi Supersu, saat pertama kali supersu di buka maka akan muncul perintah untuk melakukan instal binary, pilih oke. masuk ke menu setting. pilih pilihan grant pada default access.




Membuat Partisi micro sd:

Link2sd berfungsi untuk memindahkan aplikasi ke memory external dan file yang di pindahkan tak hanya cuma file aplikasinya saja tapi beserta file, dex, cache dan libnya. berbeda dengan move2sd yang hanya memindahkan file aplikasinya saja ke memory external, tetapi file dex, cache dan libnya masih tetap di memory internal.


Syarat untuk menginstal Link2SD yang paling utama adalah hanphone android sudah di root dan microsd sudah di partisi. Pastikan pula anda menggunakan MicroSD Class 10. Karena jika anda menggunakan yang Class 4/6, malah akan membuat handphone terasa lambat.


Untuk mempartisi microsd, berikut caranya.


Instal MiniTool Partition Wizard. Sambungkan microsd ke pc dengan menggunakan card reader. Buka MiniTool Partition Wizard.




Disana terlihat microsd terdeteksi sebagai disk 2. Klik kanan pada disk 2/ microsd. Kemudian pilih move/resize. Fungsinya Move/Resize yaitu untuk mengatur kapasitas drive dan untuk membuat partisi. Jadi apabila drive anda kapasitasnya (misal) sebesar 2GB, jika saya resize menjadi 1,5GB maka akan menghasilkan partisi baru sebesar 500MB atau setara dengan 0,5GB.

Tampilan Move/Resize :

Atur berapa besar kapasitas sd card anda. Jadi begini, prinsipnya yang anda atur di Move/Resize itu besar kapasitas yang akan anda gunakan untuk menyimpan file-file anda (seperti musik, foto, video dan lain-lain). Sedangkan sisanya yang akan anda gunakan untuk menyimpan aplikasi-aplikasi anda nanti (app, library, dan dalvik-cache).

Sebagai contoh saya partisi sd card saya menjadi 1GB dan sisanya sekitar 800MB untuk Link2SD. Nanti akan anda lihat dua partisi didalam disk 2 (sd card) yang mana satu berjenis FAT32 dan satunya lagi unallocated karena belum anda setting

Sekarang kita edit partisi yang kedua. Klik kanan partisi yang statusnya masih unallocated tersebut, pilih Create.

Tekan yes saja kalau ada warning yang keluar.

Pada dialog box Create, ada beberapa menu yang bisa dipilih dan di isi diantaranya Partition Label, Create As, File System, Drive Letter, dan lain-lain. Tetapi disini yang kita bahas cara mempartisi sd card untuk link2sd. Jadi ikuti petunjuk saya.

Biarkan semuanya sama seperti semula, hanya saja rubah Create As menjadi Primary dan File System menjadi EXT3.
Sampai disini anda sudah berhasil mempartisi sd card anda supaya compatible dengan Link2SD. Langkah terakhir, tekan tombol Apply yang berada disisi pojok kiri atas lalu tunggu hingga proses selesai.


Instal dan Setting Link2SD.

Setelah selesai mempartisi microsd copy file Link2SD.apk ke microsd. nyalakan hanphone, instal link2sd di hanphone, melalui file manager, dan instal.
Buka link2sd, klik oke saat muncul popup aplikasi. setelah muncul perintah untuk melakukan create mount scrip pilih EXT3. Restart Handphone.

Buka kembali Link2SD. lakukan seting seperti ini:

1. Matikan Auto Link.

2. Pada Install Location pilih Internal.

3. Matikan pilihan Relink Lib file as boot & Relink Dex file as boot.

4. Close Link2SD.
5. Instal RootExplorer.
6. Jalankan RootRxplorer
7. Masuk Ke directory \data.
8. Copy 3 folder app, dalvik-cache dan data ke dalam folder \data\sdext2.

9. Masih dalan folder \data\sdext2 tekan dan tahan di folder app, pilih "link to this folder"

10. Back supaya berada di folder \data, pilih Create Link.

11. Jika muncul Warning pilih yes.

12. Lakukan hal yang sama pada folder dalvik-cache dan data yang tadi di copy.
13. Restart Handphone. Dan Lihat hasilnya di Link2SD-Storage Info.

Pastikan anda melakukan langkah tadi sebelum meng instal aplikasi lain.
Fungsi dari trik tadi yaitu memindahkan seluruh file aplikasi ke memory external partisi ke2. dan sebanyak apapun anda instal aplikasi, memory internal tidak akan berkurang.

0 Response to "Cara Root dan melink-kan aplikasi ke micro sd di Android Cross A10 "

Post a Comment

About Me